Minggu, 02 November 2014

Kasus Enron Corporation


Apa itu Enron Corporation ?
Enron Corporation adalah perusahaan Amerika yang bergerak dibidang energi di Houston, Texas. Enron merupakan salah satu perusahaan terbaik didunia dalam bidang listrik, gas alam, bubur kertas, dan komunikasi.  Enron mengumumkan kebangkrutannya pada akhir tahun 2002 dan berita ini sangat mengejutkan. Kebangkrutan Enron sungguh sangat mengherankan karena pada tahun 2001 masih membukukan pendapatan US $100Miliar. Sebagai entitas bisnis, nilai keruguan Enron mencapai US $50 miliar. Sementara itu, pelaku pasar modal kehilangan US $32 miliar dan ribuan pegawai Enron harus menangisi amblasnya dana pensiun mereka tak kurang dari US $1 miliar. Banyak pihak yang mengatakan bahwa kebangkrutan Enron merupakan kebangkrutan terbesar dalam sejarah bisnis . . Sebab-sebab kebangkrutan Enron dicurigai telah melakukan praktek Window Dressing. Praktek Window Dressing dengan cara penundaan pencataan piutang  karena kasnya digunakan untuk keperluan pribadi. Manajemen Enron telah ketahuan mark up pendapatan sebesar US $600 juta dan menyembunyikan utang US $1,2 miliar. Dengan nilai menyembunyikan utang dan pendapatan sebesar itu tentunya tidak mudah, pastinya dengan orang-orang yang berprofesi. Dengan kata lain, telah terjadi kolusi antara manajemen Enron, analisis keuangan, para penasihat hukum, dan auditornya. Belakangan diketahui bahwa Auditor Enron, Arthur Andersen kantor  Hudson, membantu proses rekayasa keuangan tingkat tinggi itu.  Kontroversi lain adalah mundurnya beberapa Eksekutif terkemuka  Enron dan dipecarnya sejumlah patner Arthur. Kini Arthur harus menghadi berbagai tuntukan di pengadilan.
Ini merupakan beberapa kronologis kasus Enron Corporation, yaitu :
1. Board of Director membiarkan bisnis tertentu mengandung unsurn konflik kepentingan dan mengijinkan transaksi-transaksi berdasarkan informasi yang hanya bisa diakses oleh Pihak Dalam Perusahaan, termasuk praktek akuntansi dan bisnis yang tidak sehat.
2. Enron meruapakan perusahaan besar pertama yang melakukan out searching secara total atas fungsi internal audit perusahaan.
   a) Mantan Internal  Audit adalah patner KAP Andersen.
   b) Directur keuangan Enron berasal dari KAP Andersen.
   c) Sebagian besar Star Akunting Enron berasal dari KAP Andersen.
3. Pada awal tahun 2001 patner  Kap Andersen melakukan evaluasi terhadap kemungkinan mempertahankan atau melepaskan Enron sebagai klien perusahaan, mengingat resiko yang tinggi berkaitan dengan praktek akuntansi dan bisnis Enron.
4. Salah seorang eksekutif Enron dilaporkan telah mempertanyakan praktek akunting perusahaan yang dinilai tidak sehat dan mengungkapkan kekhawatiran berkaitan dengan hal tersebut kepada CEO dan partner KAP Andersen pada pertengahan 2001.
5. Pada tanggal 16 Oktober 2001, Enron menerbitkan laporan keuangan  triwulan ketiga.Dalam laporan itu laba Enron meningkat menjadi US $393 juta, naik US $100 juta dari periode sebelumnya.CEO Enron, Kenneth Lay menjelaskan secara rinci tentang beban biaya akuntansi khusus sebesar $1 miliar yang menyebabkan hasil aktual periode itu rugi  $644 juta dan ternyata transakti berasal dari perusahaan yang di dirikan CFO Enfron.
6. Pada tanggal 2 Desember 2001, terungkap bahwa terdapat hutang perusahaan yang tidak dilaporkan senilai lebih dari satu miliar dollar. Karena inilah nilai investasi dan laba yang ditahan berkurang dalam jumlah yang sama.
7. Dana pensiun Enron sebagian besar diinvestasikan dalam bentuk sahan Enron. Sementara itu harga saham Enron terus menurun hingga tidak ada nilai.
8. Pada tanggal 28 Febuari 2002, KAP Andersen menawarkan ganti rugi sebesar $750 juta  untuk menyelesaikan semua gugatan terhadapnya.
9. Pada tanggal 14 Maret 2002,Departemen Kehakiman Amerika memvoniskan KAP Andersen bersalah atas tuduhan melakukan penghambatan dalam proses peradilan.
10. Tanggal 22 Maret 2002 mantan ketua Federal Reselve, Paul Volkeer yang direkrut untuk melakukan revisi terhadap praktek audit dan meningkatkan kembali citra KAP Andersen mengusulkan agar Manajemen KAP Andersen yang ada diberhentikan.
11. Pada tanggal 8 April 2002, seorang pertner  KAP Andersen, David Duncan, yang bertindak sebagai penanggungjawaban audit Enron mengaku bersalah atas tuduhan melakukan hambatan proses peradilan dan setuju untuk menjadi saksi kunci dipengadilan bagi kasus Enron dan Andersen.
12. Tanggal 9 April 2002, Jeffrey Mc.Mahon mengumumkan pengunduran diri sebagai presiden dan  Chief Operating Officer Enron yang berlaku Efektif 1 Juni 2002.
13. Pada tanggal 15 Juni 2002, juri federal di Houston menyatakan KAP Anderson bersalah tentang melakukan hambatan terhadap proses pengadilan.





Sumber : http://www.academia.edu/5489722/KASUS_ENRON_DAN_AKIBATNYA

0 komentar:

Posting Komentar