Sabtu, 11 April 2015

Sumber Daya Alam Tumbuhan

   

      Sumber Daya Alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam yang bisa memenuhi kebutuhan manusia, misalnya gas, minyak bumi, batu bara, tumbuhan , dan lainnya. Dalam tulisan ini saya akan memperdalam tentang SDA tumbuhan.
      Tumbuhan itu sangat beragam, Fungsi Tumbuhan juga sangat banyak, misalnya sebagai penghasil oksigen. Fungsi tumbuhan juga tergantung jenisnya, tetapi jenis tumbuhan apa saja bisa menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis.
      Fungsi lain dari SDA tumbuhan adalah sebagai makanan kita. Contoh tumbuhan yang dapat dijadikan makanan kita adalah:
  1. Padi
  2. Jagung
  3. Gandum
  4. Teh
  5. dan lainnya
    Selain sebagai makanan, tumbuhan juga berfungsi sebagai bahan bangunan, seperti kayu. Kayu yang biasa di pakai untuk bahan bangunan adalah :
  1. Pohon jati
  2. Kayu Mahoni
  3. dan lainnya
      Selain itu tumbuhan memiliki banyak fungsi lagi, seperti sebagai bahan bakar, obat, dan pupuk. Tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar adalah Kelapa Sawit. Jenis tumbuhan seperti  daun binahong digunakan sebagai obat.
      SDA tumbuhan jika diambil terus menerus dan tidak dilestarikan akan punah, apalagi karna keserakahan dan ketidakterbatasan kebutuhan manusia. Kita sebagai penikmat maupun pengguna SDA tumbuhan harus sadar diri.Ambillah/gunakanlah SDA ini secukupnya. Jika kita ingin menggunakan SDA, maka kita memiliki kewajiban untuk melestarikannya kembali. Cara melestaikannya bisa dengan cara menanam kembali tumbuhan yang telah kita ambil.
      Dalam melestarikan / menanam kembali SDA tumbuhan, kita harus tahu kapan untuk menanam tumbuhan tersebut dan berapa lama tumbuhan itu akan tumbuh kembali. Jangan sampai kehabisan/punah tumbuhan tersebut, baru kita menyadarinya.



(sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_alam)

1 komentar:

  1. ɑpɑkɑɦ ɑɗɑ yɑɳg ʆɑiɳ ʆɑgi cѳɳtѳɦ รɗɑ ɳyɑ

    BalasHapus