Rabu, 25 Maret 2015

Sistem Ekonomi Kapitalis


Apa itu Sistem Ekonomi Kapitalis?

  • Sistem Ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang dikendalikan oleh swasta. Swasta yang dimaksud adalah para pemilik modal / perusahaan. Hampir semua perdagangan dikendalikan oleh swasta. Dalam hal ini, pihak swasta bisa membuat usahanya meraih keuntungan sebesar-besarnya.
Apa ciri dari Sistem Ekonomi Kapitalis ?

  • Pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi
  • Pemilikan alat-alat produksi di tangan individu
  • Individu bebas memilih pekerjaan / usaha yang dipandang baik bagi dirinya
  • Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar
  • Pasar berfungsi memberikan signal kepada produsen dan konsumen dalam bentuk harga-harga
Apa kelebihan Sistem Ekonomi Kapitalis ?
  • Kelebihan atau keunggulan Sistem ekonomi kapitalis adalah mendorong pertumbuhan ekonomi dengan memfasilitasi kompetisi terbuka di pasar. Dalam sistem ekonomi ini, para pekerja / tenaga kerja juga sangat di hargai. Kemampuan kreatifitas masyarakat juga meningkat, karena masyarakat diijinkan menampilkan / menunjukkan kreativitas mereka dalam persaingan. Persaingan dalam pasar sangat besar, siapa yang kinerjanya baik dan mampu maka dialah pemenang dalam persaingan itu.
Apa kelemahan Sistem Ekonomi Kapitalis ?

  • Dalam sistem ekonomi ini, yang menjadi masalah utamanya adalah persaingan yang ketat. Para perusahaan bisnis akan melihat ekonomi dari titik pandang materialistik. Laba suatu perusahaan menjadi tujuan bisnis utama perusahaan besar dalam mengambil alih perusahaan-perusahaan kecil. Tenaga kerja juga dikompensasi dengan tujuan tunggal agar memiliki profuktivitas yang lebih tinggi. Ekonom percaya bahwa kapitalisme menjadi pemicu  penyebab menipisnya sumber daya alam karena diekspoitasi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan. Dalam sistem ekonomi ini, kekayaan tidak merata, karena kekuasaan dan kekayaan hanya dikuasai oleh orang yang kuat di pasar.




Sumber : 
\http://www.amazine.co/39128/kelebihan-dan-kekurangan-sistem-ekonomi-kapitalisme/ 
http://id.wikipedia.org/wiki/Kapitalisme

0 komentar:

Posting Komentar