Rabu, 09 November 2016

Paragraf Deduktif dan Paragrad Induktif

Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

1.      Paragraf Deduktif      
Paragraf deduktif adalah paragraf yang dikembangkan dengan pola deduksi, yaitu memaparkan hal umum terlebih dahulu kemudian menjabarkan hal – hal khusus. Dengan kata lain paragraf ini meletakkan gagasan utamanya pada kalimat utama di awal paragraf. 
Contoh  :
        Handphone  xiaomi note 2 memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan yang menonjol adalah harganya yang sangat murah. Walaupun harganya murah, tetapi kualitasnya tidak murahan. Selain itu, xiaomi  juga memiliki kapasitas RAM yang cukup besar.  Kapasitas RAM  xiaomi note 2 adalah 2GB. Keunggulan lainnya yaitu kita dapat mendownload tema-tema  HP di app store xiaomi.

2.      Paragraf Indukif
Paragraf induktif adalah suatu paragraf yang dikembangkan dengan pola induksi, yaitu dengan cara menjabarkan hal – hal khusus terlebih dahulu dan kemudian disimpukan menjadi suatu hal yang umum. Dengan kata lain, paragraf deduksi adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf. Pola paragraf ini biasanya dipakai dalam paragraf generalisasi, sebab – akibat, akibat – sebab, dan analogi.
Contoh :

      Ani selalu membantu ibunya dirumah. Ia membantu ibunya memasak setiap sore. Ani juga pintar di sekolahnya. Ani selalu membaca dan memperlajari materi di sekolah yang belum pernah diajarkan gurunya. Ia juga anak yang santun dan ramah. Oleh karena itu, Ani dijuluki anak yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar