Kamis, 01 Oktober 2015

Fakta Tentang Warna



1.       Merah

Faktanya warna merah digunakan oleh orang-orang Roma Kuno dengan mengibarkan bendera sebagai tanda mulainya perang. Di India warna merah sebagai simbol bagi para prajurit. Di Afrika Utara warna merah sebagai simbol berduka. Di Yunani telur Paskah diwarnai merah sebagai tanda keberuntungan.
2.       Hijau

Lantai kuil orang Mesir Kuno berwarna hijau sebagai tanda suci. Pada zaman yunani Kuno, warna hijau merupakan simbol kemenangan. Hijau juga melambangkan masa muda manusia. Hijau disebut warna penyembuh karena merupakan warna natural yang membuat mata kita rileks.
3.       Biru

Di zaman Roma Kuno orang yang bekerja di bidang pelayanan publik menggunakan warna biru, dan sampai sekarang polisi dan orang pelayanan publik diluar negeri masih memakai warna biru. Di Iran, warna biru merupakan lambang berduka. Pada zaman dahulu warna biru sebagai pelindung dari penyihir, yang dipercaya membenci warna biru. Pada zaman Mesir Kuno, Firaun memakai warna biru sebagai pelindung dari setan.
4.       Ungu

Pada zaman Mesir Kuno, Ratu Cleopatra sangat menyukai warna ungu. Sampai ia ingin mewarnai rambutnya menjadi ungu. Ratu menyuruh pelayannya untuk merendam 20ribu siput selama 10 hari untuk diambil sarinya. Ungu merupakan warna kerajaan. Jubah ungu digunakan sebagai lambang otoritas tinggi. Di Thailand, warna ungu dipakai oleh para istri dari tentara yang gugur dimedan perang.
5.       Kuning

Di Mesir dan Myanmar warna kuning menandakan kedukaan. Di India kuning merupakan simbol pedagang atau petani. Pada abad ke-10 di Prancis, pintu rumah para pengkhianat pemerintah dan kriminal di cat kuning. Perang Dinasti tahun 1357, tiap pejuang mengenakan bunga kuning sebagai lambang janji keberanian. Di Indonesia, bendera kuning merupakan simbol ada orang yang meninggal.




Sumber : Kisah 1001 Serba Seru Di Dunia, Sella Arby


0 komentar:

Posting Komentar